Sunday, 17 May 2015

Membuat Pop Up Menjadi Media Pembelajaran Kreatif

Buat media pembelajaran pop up bagaimana caranya?

Membuat Pop Up sebagai media pembelajaran kreatif memiliki tantangan tersendiri bagi guru. Sebelum menentukan model Pop Up, guru terlebih dahulu mempersiapkan materi yang akan disampaikan, dan bagaimana cara menyampaikannya. Guru perlu mempertimbangkan model media pembelajaran Pop Up dengan metode pembelajaran yang akan diterapkan agar media Pop Up dapat digunakan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pop Up umumnya dibuat untuk kartu ucapan atau undangan. Bentuknya yang menarik menjadikan kartu ucapan atau undangan model pop up sering dikoleksi. Kartu ucapan atau undangan model Pop Up, bila dibuka maka tulisan atau gambar yang ada di dalam kartu akan timbul. Tampilan yang seperti ini, menjadikan kartu model Pop Up menarik untuk dilihat. Hal inilah yang menjadikan Pop Up  sebagai media pembelajaran kreatif memiliki daya tarik tersendiri bagi siswa.

Guru yang kreatif senantiasa memikirkan cara terbaik dalam menyampaikan materi kepada anak didik. Belajar yang menjadi sebuah rutinitas bagi siswa dapat menjadi aktivitas yang menjemukan bila dilakukan dengan cara-cara yang monoton. Alangkah baiknya bila guru memikirkan model pembelajaran yang tepat dan bervariatif agar anak dapat mengikuti pembelajaran dengan antusias. 

Media pembelajaran kreatif Pop Up bisa menjadi pilihan yang baik untuk disediakan guru agar pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Cara lain yang bisa dilakukan guru adalah menugaskan siswa untuk membuat prakarya media pembelajaran kreatif Pop Up sesuai selera siswa mengacu pada materi yang sedang dipelajari. Dengan cara inilah siswa secara otomatis akan mempelajari materi sekaligus cara menyampaikannya.

Media pembelajaran kreatif berfungsi untuk membantu guru saat menyampaikan materi pada siswa. Dengan berubahnya peran guru yang tidak lagi menjadi sentral pembelajaran, media pembelajaran kreatif juga harus bisa digunakan siswa untuk belajar secara mandiri atau dalam peran peer teaching. Media pembelajaran kreatif berbentuk Pop Up sangat tepat dipilih guru, karena media ini cara memakainya sangat mudah, sangat aman saat digunakan, dan mudah dalam penyimpanannya. Guru juga bisa menggabungkan beberapa media pembelajaran kreatif berbentuk Pop Up menjadi sebuah buku yang menarik. 


Semoga berkarya. Semoga kelas Anda menyenangkan.

Membuat Pop Up Menjadi Media Pembelajaran Kreatif Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sugianto Vijjayasena