Monday, 8 June 2015

Pembelajaran Kreatif Dengan Media Pembelajaran “Monopoly Taman Bermain Panca Warna”

Mencari model pembelajaran yang menarik dan menyenangkan untuk pembelajaran anak merupakan tugas guru yang bertanggung jawab. Ada banyak pilihan dari pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Salah satunya dengan menggabungkan dunia bermain dengan pembelajaran menjadi cara kreatif guru dalam menciptakan pembelajaran interaktif yang menyenangkan, dan mengesankan anak. Pembelajaran yang akan menumbuhkan minat, motivasi dan antusias anak belajar. Ide menggabungkan dua aktivitas ini didasarkan pada usaha guru untuk membantu anak membangun atau mengkonstruk pengetahuan yang sudah ada dan yang baru akan diajarkan dengan cara-cara yang disukai, disenangi, dan diharapkan anak.

Monopoly Taman Bermain Panca Warna merupakan media pembelajaran kreatif yang dibuat dengan tujuan untuk menciptakan pembelajaran yang menggairahkan. Cocok untuk media belajar anak usia dini (AUD) dan SD. Karya yang diciptakan oleh Aditya Dhamma Jaya membuat anak antusias berusaha mencapai tujuan belajar dengan cara meraih point terbanyak. Hal ini dapat dilakukan bila anak mampu menguasai materi ajar dan menjawab pertanyaan dengan sempurna. Model pembelajaran yang bisa dilakukan secara individu, maupun kelompok. Inilah yang membuat media ini efektif digunakan dalam berbagai pembelajaran. Model pembelajaran ini secara tidak langsung mengajarkan karakter kejujuran, kerjasama, dan tanggung jawab.


Monopoly Taman Bermain Panca Warna
www.mediapembelajaran-smb,blogspot,com

Bagaimanakah langkah-langkah pembuatan media kreatif Monopoly Taman Bermain Panca Warna

1. Siapkan Alat dan Bahan yang berasal dari barang bekas
a. Alat:
- Gunting
- Penggaris
- Cutter
- Gergaji
- Lem kayu dan lem kertas
- Lakban / solatip

b. Bahan:
- Styrofoam
- Kertas panca warna yang seperti warna bendera buddhis
- Papan Kayu
- Kardus
- Hiasan

2. Potong Sterofoam sedemikian rupa
3. Papan Kayu (optional) buat tatakan di lem kemudian styrofoam ditempelkan
4. Potong kardus bentuk seperti tempat kartu
5. Potong kertas warna berbentuk kotak
6. Lem Kertas warna bendera buddhis ke styrofoam seperti monopoly
7. Buat hiasan di atas  papan monopoly taman bermain semenarik mungkin
8. Buat dadu yang terdiri dari enam sisi dan diberikan mata dadu sesuai jumlah angka antara 1 s.d. 6 sesuai dengan selera
9. Buat pertanyaan-pertanyaan sesuai dengan materi yang telah diajarkan pada kartu pertanyaan kemudian disimpan di kotak pertanyaan panca warna
10. Buat kartu poin dari berbagai nilai antara 1 sampai dengan 10 yang digunakan untuk menilai jawaban pemain dan disimpan di kotak kartu jawaban.

Bagimanakah Petunjuk atau Cara Memainkan Monopoly Taman Bermain Panca Warna?

1. Permainan ini dapat dimainkan secara individu/kelompok
2. Terdapat 28 kotak, yang terdiri dari 1 kotak start, 3 kotak kesempatan, dan 24 kontak gabungan 3. panca warna.
3. Selain 28 kotak permainan, terdapat 5 kotak pertanyaan di dalam kotak panca warna yang diberikan kepada pemain yang sesuai dengan warna bendera buddhis.
4. Permainan ini diawali dari kotak start. Pemain melemparkan dadu kemudian melangkahkan kaki sebanyak mata dadu yang jatuh pada sisi atas.
5. Pemain saat berada di salah satu kotak warna kemudian diberikan pertanyaan yang diambil dari dalam kotak. Tugas pemain adalah menjawabnya.
6. Jika pemain bisa menjawab pertanyaan akan mendapatkan poin 10 atau poin lainnya sesuai dengan tingkat ketepatan jawaban, jika tidak bisa menawab kartu dikembalikan kotak pertanyaan dan pemain tidak mendapatkan poin.
7. Permainan dilanjutkan dengan lemparan dadu untuk pemain lainnya, dan pemain tersebut melangkahkan kaki sesuai dengan mata dadu yang jatuh di sisi atas. Demikian seterusnya sampai mencapai batas akhir putaran permaian. Misalnya 3 putaran atau 5 putaran.
8. Pemain yang mencapai langkah akhir di kotak kesempatan, diberi kesempatan untuk melemparkan dadu. Hanya saja, pemain melangkah ke belakang sesuai dengan jumlah mata dadu yang ada di sisi atas.
9. Pemenang adalah pemain yang memiliki poin terbanyak dari banyaknya putaran yang disepakati sebelumnya.


Model pembelajaran kreatif dengan media pembelajaran “Monopoly Taman Bermain Panca Warna” siap digunakan. Semoga model pembelajaran kreatif yang anda cari ada di sini.
Selamat belajar sambil memainkan media kreatif ini. 

Pembelajaran Kreatif Dengan Media Pembelajaran “Monopoly Taman Bermain Panca Warna” Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sugianto Vijjayasena