Tuesday, 27 January 2015

Media Pembelajaran SMB : Kantong Ajaib Doraemon

Ayo Adik-adik Sekolah Minggu Buddha kita buat permainan yang menarik. Permainan menggunakan Kantong Ajaib Doraemon.

Karya: Finsen dan Proyoga Pangestu
Kantong ajaib Doraemon adalah media permainan yang didesain untuk pembelajaran Sekolah Minggu Buddha (SMB). Cocok untuk media belajar anak usia dini (AUD) dan SD. Media permainan ini mampu merangsang anak untuk dapat menjawab pertanyaan dari guru pembimbing SMB dengan mudah. Bahan untuk membuat media ini juga sangat banyak dijumpai disekitar kita. Hanya dengan kardus bekas dan kain fanel bekas kita bisa membuatnya. Mudah dan murah untuk membuatnya. Media ini aman untuk dimainkan oleh siapa saja, kapan saja dan di mana saja.

Dengan media permainan yang diciptakan ini, anak-anak mampu menguasai dan memahami materi yang disampaikan dengan metode belajar sambil bermain. Tampilan yang menarik membuat anak menjadi mudah diarahkan.

Ayo, siapkan bahan-bahan dan peralatannya.


Untuk mempermudah, Kakak berikan contohnya seperti gambar di bawah ini


Bagaimana cara memainkannya?
1. Kakak pembimbing SMB bercerita tentang riwayat hidup pangeran Siddhartha hingga mencapai Buddha atau cerita lainnya yang sesuai dengan ajaran Buddha. Sebelum bercerita guru bisa memperlihat gambar stiker yang ada di dalam saku doraemon (saku 1 s.d. 6)  untuk memudahkan alur cerita. Dalam satu saku boleh diisi beberapa gambar.
2. Setelah selesai bercerita, permainan "Kantong Ajaib Doraemon" bisa segera dimulai.
3. Terdapat satu buah dadu. Disetiap sisi sudah diberikan angka dari angka 1 sampai dengan 6
4. Anak-anak SMB bisa memulai bermain dengan satu anak diberi kesempatan 1 kali melempar dadu.
5. Setelah dadu dilempar dan jatuh ke lantai, misalnya angka yang ada disisi atas  dadu adalah angka dua, maka anak tersebut diberi kesempatan untuk mengambil gambar yang ada didalam saku nomor 2 dan diminta untuk menceritakan kembali gambar yang sudah diceritakan kakak pembimbing. Bila jawabannya benar, maka akan mendapatkan hadiah.
6. Setelah semua anak mendapatkan giliran maka guru pembimbing memberikan kesimpulan atau memberikan penjelasan singkat tentang makna belajar riwayat hidup


Permainan ini mudah dan menyenangkan.
Pasti adik-adik Sekolah Minggu Buddha menyukai permainan ini.


Cukup mudah bukan?

_Selamat Mencoba_

Media Pembelajaran SMB : Kantong Ajaib Doraemon Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sugianto Vijjayasena