Ayo Adik-adik Sekolah Minggu Buddha kita buat permainan yang
menarik. Permainan menggunakan Kantong Ajaib Doraemon.
![]() |
Karya: Finsen dan Proyoga Pangestu |
Kantong ajaib Doraemon adalah media permainan yang didesain untuk
pembelajaran Sekolah Minggu Buddha (SMB). Cocok untuk media belajar anak usia dini (AUD) dan SD. Media permainan ini mampu merangsang
anak untuk dapat menjawab pertanyaan dari guru pembimbing SMB dengan mudah.
Bahan untuk membuat media ini juga sangat banyak dijumpai disekitar kita. Hanya
dengan kardus bekas dan kain fanel bekas kita bisa membuatnya. Mudah dan murah untuk membuatnya. Media ini aman untuk dimainkan oleh siapa saja, kapan saja dan di mana saja.
Dengan media
permainan yang diciptakan ini, anak-anak mampu menguasai dan memahami materi yang
disampaikan dengan metode belajar sambil bermain. Tampilan yang menarik membuat anak menjadi mudah diarahkan.
Ayo, siapkan bahan-bahan dan
peralatannya.
Untuk mempermudah, Kakak berikan contohnya seperti gambar di
bawah ini
Bagaimana
cara memainkannya?
1. Kakak
pembimbing SMB bercerita tentang riwayat hidup pangeran Siddhartha hingga
mencapai Buddha atau cerita lainnya yang sesuai dengan ajaran Buddha. Sebelum
bercerita guru bisa memperlihat gambar stiker yang ada di dalam saku doraemon
(saku 1 s.d. 6) untuk memudahkan alur
cerita. Dalam satu saku boleh diisi beberapa gambar.
2. Setelah
selesai bercerita, permainan "Kantong Ajaib Doraemon" bisa segera
dimulai.
3. Terdapat
satu buah dadu. Disetiap sisi sudah diberikan angka dari angka 1 sampai dengan
6
4. Anak-anak
SMB bisa memulai bermain dengan satu anak diberi kesempatan 1 kali melempar
dadu.
5. Setelah
dadu dilempar dan jatuh ke lantai, misalnya angka yang ada disisi atas dadu adalah angka dua, maka anak tersebut
diberi kesempatan untuk mengambil gambar yang ada didalam saku nomor 2 dan
diminta untuk menceritakan kembali gambar yang sudah diceritakan kakak
pembimbing. Bila jawabannya benar, maka akan mendapatkan hadiah.
6. Setelah
semua anak mendapatkan giliran maka guru pembimbing memberikan kesimpulan atau
memberikan penjelasan singkat tentang makna belajar riwayat hidup
Permainan
ini mudah dan menyenangkan.
Pasti
adik-adik Sekolah Minggu Buddha menyukai permainan ini.
Cukup mudah
bukan?
_Selamat
Mencoba_