Tuesday, 19 May 2015

Contoh Media Pembelajaran Kreatif Berbahan Cangkang Telur

Mengubah cangkang telur jadi media pembelajaran, mana bisa?
Keinginan untuk memajukan pendidikan dapat diwujudkan dengan pembelajaran yang kreatif dan interaktif, dan efektif. Kemudian timbul pemikiran untuk menciptakan media pembelajaran kreatif. Media kreatif memiliki tampilan menarik dan berbahan dasar dari barang-barang yang tidak terpakai, serta media ini tidak ditemukan di tempat lain yang muncul. Sebenarnya untuk membuat media pembelajaran kreatif tidak perlu bingung. Ada beragam bahan yang bisa dimanfaatkan untuk membuat media pembelajaran kreatif. Salah satunya contohnya adalah cangkang telur. Cangkang telur dapat dibuat menjadi media pembelajaran kreatif yang akan menarik perhatian siswa dan memunculkan antusiasme belajar.

Telur merupakan salah satu lauk pokok bangsa Indonesia. Selain harganya yang terjangkau untuk semua kalangan masyarakat di Indonesia, telur juga mengandung protein yang dibutuhkan oleh tubuh setiap orang. Ada beragam olahan telur diantaranya telur mata sapi, telur dadar, telur balado, telur semur, telur kecap, dan lain-lain. Namun sayangnya, cangkang telur dianggap sebelah mata bahkan dianggap sampah sehingga umumnya setelah mengambil isi telur, orang langsung membuang cangkang atau kulit telur ke tempat sampah. 

Dengan ide kreatif, cangkang telur bisa dimanfaatkan untuk menjadi bahan media pembelajaran kreatif. Agar cangkang telur dapat menjadi bahan media pembelajaran kreatif yang aman, maka langkah pertama adalah setelah isi telur dan kulit arinya dikeluarkan dengan hati-hati, maka cangkang telur dibersihkan agar tidak meninggalkan bau amis. Jangan lupa, keringkan cangkang telur yang sudah dibersihkan.

Untuk membuat media pembelajaran kreatif dari cangkang telur dibutuhkan kehati-hatian. Anda dapat membatik, melukis atau mengecat cangkang telur agar bisa menghasilkan media pembelajaran kreatif. Seperti yang ada di gambar di samping, dengan menggunakan bahan cangkang telur kita dapat mengenalkan bentuk binatang kepada anak-anak. Selain itu, anak-anak diajarkan untuk menjaga lingkungan agar binatang-binatang yang baik untuk alam dapat lestari. Untuk membuat media pembelajaran kreatif seperti disamping cukup mudah. Cangkang yang telah dibersihkan dan dikeringkan ditempelkan pada media papan dengan menggunakan lem. Setelah semua papan dipenuhi oleh cangkang telur, selanjutnya membuat sketsa model kupu-kupu yang akan dilukis. Bila sketsa sudah dibuat, lukisan kupu-kupu siap diwarnai. Hati-hati saat memberi warna agar cat tidak berantakan. Kita juga bisa memilih untuk membuat media pembelajaran kreatif berbahan cangkang telur dengan model binatang lain yang sesuai dengan materi ajar. Atau kita bisa membuat media pembelajaran lainnya seperti gambar yang ada di bawah ini. Anak-anak diajarkan untuk peduli dengan lingkungan, menjaga kebersihan, serta merawat tanaman.

Media pembelajaran kreatif berbahan cangkang tidak butuh biaya mahal. Kita pun sangat mudah untuk mendapatkan bahannya. Media ini aman saat digunakan. Tampilannya pun menarik sehingga sangat bagus dipajang di ruang kelas Anda. Jadi media pembelajaran kreatif berbahan cangkang telur dapat dibuat dengan dua cara, yaitu dipecahkan terlebih dahulu seperti gambar yang atas atau dipotong sesuai kebutuhan seperti yang ada di gambar di samping. Intinya dengan menggunakan cangkang telur sebagai bahan media pembelajaran kreatif, berarti kita telah mengurangi sampah bahkan memanfaatkannya untuk memajukan mutu pembelajaran. Selamat mencoba membuat media pembelajaran kreatif berbahan cangkang telur, semoga sukses.

Selain cangkang telur yang bisa dijadikan bahan pembuatan media pembelajaran kreatif, ada juga bahan-bahan lain yang juga bisa digunakan untuk bahan pembuatan media pembelajaran kreatif. Misalnya kancing dan biji-bijianbubur kertastutup botolkulit buah keringkulit kerangstyrofoam. Dari bahan-bahan itu dapat lahir aneka media pembelajaran kreatif.



Contoh Media Pembelajaran Kreatif Berbahan Cangkang Telur Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sugianto Vijjayasena