Monday, 25 May 2015

Contoh Kolase Berbahan Biji-bijian dan Kancing Sebagai Media Pembelajaran Kreatif

Kelas adalah tempat pembelajaran yang memberikan pengalaman hidup mengesankan berupa interaksi positif antara guru dan siswa. Guru mengekspresikan ide-ide kreatif  selama mengelola pembelajaran di kelas dengan cara yang mengesankan, menyenangkan, efektif dan efisien untuk mencapai tujuan belajar. Siswa menikmati proses pembelajaran dari awal hingga akhir. Kelas juga menjadi tempat yang baik bagi guru untuk membuat penelitian berdasarkan pada permasalahan-permasalahan yang ada di kelas melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK),

Dari ide kreatif, guru ciptakan media pembelajaran yang merupakan bentuk kemampuan pedagogik guru dan digunakan untuk memudahkan menyampaikan materi. Melalui media kreatif Guru menanamkan nilai-nilai luhur dalam berbagai aktivitas selama pembelajaran dengan cara kreatif yang membuat siswa merasa bahagia, gembira dan antusias belajar. Salah satu cara yang bisa dipilih guru adalah dengan mengajak siswa membuat media belajar kolase sesuai materi belajar. Media belajar kolase cocok untuk media belajar anak usia dini (AUD) dan SD.

Oleh karena itu, pada kesempatan ini akan dibahas media pembelajaran berupa kolase. Kolase adalah seni yang dilakukan dengan cara merekatkan obyek-obyek tertentu pada media tertentu seperti kertas, kayu, atau sejenisnya. Membuat kolase sangat mudah, menyenangkan, dan bisa dilakukan oleh anak-anak di kelas.  Untuk membuat kolase menjadi media pembelajaran kreatif, ada beberapa hal yang perlu persiapkan yaitu bahan-bahan yang akan ditempelkan, peralatan yang digunakan, yang tidak kalah penting adalah rancangan bentuk kolase yang akan dibuat. Alangkah baiknya membuat kolase yang sesuai dengan materi atau tema pelajaran agar guru dapat menyampaikan nilai-nilai positif pada siswa dengan media kolase.

Di bawah ini adalah contoh media pembelajaran kreatif dalam bentuk kolase yang dibuat dari biji-bijian dan kancing. Tampilannya sangat menarik perhatian karena perpaduan warna yang sesuai. Kita masih bisa melihat jenis biji dan mute yang digunakan untuk membuat kolase. Inilah yang menjadi ciri khas dari kolase yaitu bahannya masih bisa diidentifikasinya.
Untuk mendapatkan biji-bijian sebagai bahan kolase sangat mudah. Ada berbagai biji-bijian yang dijual di pasar, seperti kacang ijo, kedelai, kacang tanah, lada, dan lain-lain. Harganya juga relatif murah, sehingga tidak butuh biaya mahal untuk mendapatkannya. Bahan ini juga aman sehingga guru maupun orang tua tidak perlu khawatir dengan keselamatan anak. Guru hanya perlu mengingatkan agar hati-hati saat menggunakan lem untuk merekatkan bahan-bahan pembuatan kolase.


Guru dapat mengajarkan nilai cinta kasih dan kasih sayang kepada binatang, dengan cara merawat yang benar, memberikan makanan dan minuman. Merawat binatang dengan baik lingkungan tetap bersih. Selain itu, selama proses pembuatan kolase, siswa belajar menjadi orang yang sabar, teliti, tekun, hati-hati. Jadi sangat menyenangkan bukan, membuat kolase sebagai media pembelajaran kreatif.

Selain biji dan kancing yang bisa dijadikan bahan pembuatan media pembelajaran kreatif, ada juga bahan-bahan lain yang juga bisa digunakan untuk bahan pembuatan media pembelajaran kreatif. Misalnya cangkang telur, bubur kertas, tutup botol, kulit buah kering, kulit kerang, styrofoam. Dari bahan-bahan itu dapat lahir aneka media pembelajaran kreatif.






Contoh Kolase Berbahan Biji-bijian dan Kancing Sebagai Media Pembelajaran Kreatif Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sugianto Vijjayasena