Thursday, 21 May 2015

Kiat Membuat Media Pembelajaran Kreatif Berbahan Limbah atau Sampah Lingkungan

Apa ada cara mengolah limbah sampah jadi media pembelajaran?
Pencemaran lingkungan sampai sekarang masih menjadi masalah kronis yang belum dapat ditemukan solusinya. Mental manusia yang umumnya belum menyadari arti pentingnya kebersihan, kerapian, dan kesehatan menjadi salah satu faktor internal manusia yang membuat dunia ini menjadi tercemar dengan berbagai macam limbah. Kebiasaan membuang sampah sembarangan, tidak ada kepedulian untuk menjaga kerapian lingkungan, serta tidak peduli pada kesehatan lingkungan telah melupakan posisi manusia sebagai makhluk yang hidup di lingkungan. Menghadapi permasalahan ini, kita sebenarnya tidak bisa mengandalkan pemerintah khususnya petugas kebersihan untuk mengatasi permasalah ini. Penanggulangan pencemaran lingkungan merupakan tugas bersama.

Pendidikan dapat turut andil dalam menjaga lingkungan. Selain menjaga kebersihan, kerapian, dan kesehatan di lingkungan sekolah, guru juga dapat mengajak siswa untuk memanfaatkan sampah atau limbah lingkungan sebagai bagian dari media pembelajaran kreatif. Melalui pembuatan media kreatif berbahan sampah atau limbah lingkungan, ini berarti telah membantu siswa untuk membangun pengetahuan lewat media pembelajaran kreatif serta mengkondisikan agar lingkungan terbebas dari sampah atau limbah lingkungan yang menjadi penyebab pencemaran lingkungan.

Media pembelajaran kreatif berbahan limbah atau sampah lingkungan itu apa?

Media pembelajaran kreatif berbahan limbah atau sampah lingkungan adalah alat bantu pembelajaran yang bentuk dan bahannya mengandung nilai keindahan atau estetika atau seni yang berguna bagi guru atau siswa dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran adalah mencapai standar kompetensi yang telah ditentukan dalam aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Bahan yang digunakan untuk pembuatan media ini adalah sampah-sampah atau limbah yang umumnya oleh masyarakat sudah tidak digunakan. Sampah atau limbah lingkungan yang bisa digunakan untuk menjadi bahan media pembelajaran kreatif antara lain botol plastik, plastik pembungkus, styrofoam, cangkang telur, kain perca, kaleng, batok kelapa, kardus atau kertas, koran atau majalah bekas, dll.

Mengapa membuat media pembelajaran kreatif berbahan sampah atau limbah lingkungan?

Fungsi utama media adalah alat bantu pembelajaran. Oleh karena itu, media ini dibuat untuk membantu proses pembelajaran bagi guru atau anak. Bahan yang dipilih berupa sampah atau limbah karena untuk memperolehnya sangat mudah dan tidak perlu mengeluarkan biaya. Selain itu, melalui pembuatan media ini berarti telah turut serta dalam program pelestarian lingkungan. Guru dan siswa telah melakukan tindakan nyata untuk membuat lingkungan menjadi bersih, indah dan rapi.

Bagaimana membuat media pembelajaran kreatif berbahan sampah atau limbah lingkungan?

Hal utama yang harus dilakukan adalah pastikan bahwa limbah atau sampah yang digunakan untuk membuat media pembelajaran telah bersih dan aman untuk dimanfaatkan. Selanjutnya guru dapat mempertimbangkan materi yang disampaikan dengan model media yang dihasilkan. Hal lain yang tidak kalah penting adalah bagaimana cara mengoperasikan media pembelajaran kreatif ini dengan benar sehingga ketika sedang menggunakannya, guru atau siswa tidak mengalami kesulitan yang akan mengganggu pembelajaran. Pastikan bahwa media pembelajaran kreatif juga sesuai dengan metode pembelajaran yang akan diterapkan.


Sampah atau limbah bisa menjadi media pembelajaran kreatif yang berguna bagi guru atau siswa untuk mencapai tujuan belajar. Cintailah bumi ini seperti bumi ini mencintai kita semua.

Kiat Membuat Media Pembelajaran Kreatif Berbahan Limbah atau Sampah Lingkungan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sugianto Vijjayasena