Sunday, 1 March 2015

MEDIA PEMBELAJARAN KREATIF DARI BARANG BEKAS / RICYCLE

Permasalahan lingkungan  terutama sampah sudah lama terjadi. Namun belum ditemukan solusi jitu untuk mengatasinya. Sampah masih ada dan menjadi sumber bencana banjir di kota-kota. Guru yang kreatif dan peduli dengan lingkungan akan menerapkan pendidikan yang berwawasan lingkungan   untukmenumbuhkan kepedulian pada lingkungan. Diawali usia sekolah, dikenalkan sikap yang benar dalam merawat dan memanfaatkan lingkungan. Guru yang kreatif akan mengubah barang bekas atau sampah menjadi media pembelajaran yang kreatif. 


Guru Kreatif, Pembelajaran Efektif

Semua siswa akan senang bila memiliki guru yang kreatif. Apalagi dalam membuat media pembelajaran kreatif. Barang bekas diubah jadi media pembelajaran kreatif. Siswa senang melihatnya. Pembelajaran menjadi antusias. Hasil belajar siswa pun memuaskan.

Untuk menjadi guru kreatif tidak harus butuh uang banyak.  Niat yang tulus sebagai guru dan etos kerja yang tinggi membuat guru totalitas dalam melaksanakan profesinya. Totalitas kemudian memunculkan ide-ide kreatif guru membuat media-media pembelajaran kreatif agar siswa mudah belajar.

Media yang kreatif identik dengan suatu media yang unik. Tidak mudah ditemukan ditempat lain atau hanya ada satu yaitu di kelas ini saja. Media yang bagus akan menimbulkan daya tarik pada siswa. Siswa tertarik untuk melihat media, memperhatikan penyampaian guru. Bahkan dengan media kreatif guru dapat membuat aktifitas kelas yang menyenangkan. Pembelajaran akan berlangsung dengan meriah, menyenangkan, dan mengesankan. Hasilnya adalah tujuan pembelajaran tercapai.

Menciptakan Media Pembelajaran Kreatif dari  Barang Bekas

Sampah atau barang bekas dapat ditemukan dengan mudah diberbagai tempat. Tidak perlu beli untuk mendapatkannya. Bagi masyarakat umum, barang bekas hanya dianggap sampah biasa. Bagi guru kreatif, barang bekas adalah sumber inspirasi membuat media pembelajaran.

Ide-ide untuk menciptakan media pembelajaran dapat muncul setelah melihat barang bekas. Pembuatan media tentu disesuaikan dengan materi dan tujuan pembelajaran.  Selain itu, pertimbangkan pula cara pemakaiannya agar saat digunakan dapat maksimal. Karena bahan dasarnya adalah bahan bekas, maka aspek kebersihan dan keamanan harus dipastikan terpenuhi.  Sehingga anak terhindar dari penyakit atau kecelakaan. Hal yang tidak kalah penting lainnya adalah, buat rancangan media pembelajaran kreatif yang akan dibuat agar tidak terjadi proses tambal sulam atau ganti-ganti model. 

Contoh barang-barang bekas yang dapat dijadikan media pembelajaran adalah botol plastik, tutup botol plasik, plastik bekas snack, plastik bungkus ditergen atau sabun cuci, kardus atau kertas, limbah kayu, bahkan cangkang telur bisa digunakan sebagai bahan media pembelajaran kreatif.

Bagaimanakah bentuk media pembelajaran kreatif dari barang-barang bekas seperti di atas? Ada aneka bentuk pemanfaatan media pembelajaran kreatif yang berasal dari bahan bekas. Tampilan media kreatif dari bahan bekas sangat penuh dengan nilai seni. Terkadang tidak terbayang sebelumnya. Dengan melihat contoh-contoh aneka  media pembelajaran kreatif ini, semoga dapat menjadi referensi bagi para guru untuk lebih kreatif. Contohnya adalah boneka jari, kantong doraemon, boneka bantal, pop up

Manfaatkan barang bekas yang ada di sekitar kita untuk hal-hal yang berguna bagi diri sendiri, siswa dan masyarakat. Selamat menciptakan media pembelajaran kreatif dari barang bekas.



MEDIA PEMBELAJARAN KREATIF DARI BARANG BEKAS / RICYCLE Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sugianto Vijjayasena