Friday, 29 May 2015

Membuat Blog atau Website Sebagai Media Pembelajaran Kreatif

Hampir semua masyarakat di Indonesia telah menggunakan internet. Anak-anak usia dini hingga lanjut usia telah memanfaatkan internet baik secara langsung maupun tidak langsung. Internet tidak lagi dipandang sebagai barang asing yang harus dihindari.  Internet telah digunakan sebagai alat mencari informasi terbaru, media sosial, game online, hingga sampai dengan bisnis online. Masyarakat telah terbiasa menggunakan internet.

Guru yang profesional di bidang pendidikan memanfaatkan internet untuk membantu melaksanakan tugas profesi. Tugas utama  profesi guru adalah mendidik, mengajar, melatih, membimbing, mengarahkan dan mengevaluasi siswa. Internet bisa digunakan guru sebagai sarana untuk mendidik atau mengajar siswa. Internet bisa dimanfaatkan guru sebagai media pembelajaran kreatif. Salah satunya adalah berbasis blog atau website.

Salah satu blog yang umumnya digunakan dibuat oleh blogger. Guru dapat memanfaatkan blogger untuk membuat blog media pembelajaran kreatif. Caranya sangat mudah karena disediakan petunjuk yang sangat jelas. Hal pertama yang wajib dimiliki guru adalah email yang menggunakan account google. 

Melalui blog atau website, guru dapat menuliskan materi pelajaran dengan cara yang enak untuk dibaca dan mudah untuk dipahami. Tulisan yang membuat anak atau siswa merasa senang mencari tahu atau memahami isi materi. Penggunaan bahasa yang sesuai dengan usia dan perkembangan anak, memudahkan anak menerima dan memahami isi materi. Guru juga bisa menambahkan gambar atau video untuk memperjelas materi. Selain itu, dengan adanya fasilitas hiperlink, guru dapat mengaitkan antar materi yang memiliki keterkaitan. Bila ada yang kurang tepat, guru juga dapat memperbaiki dengan mudah. Interaksi dengan siswa juga dapat dilakukan dimanapun dan kapan pun dengan menggunakan fasilitas komentar. Pembelajaran menjadi lebih praktis.

Media pembelajaran kreatif berbasis blog sangat efektif. Mudah digunakan serta memiliki tampilan yang menarik. Seiring dengan meningkatnya penggunaan internet serta sarana penunjangnya, media ini sangat cocok digunakan untuk saat ini maupun di masa depan. Selamat membuat blog sebagai media pembelajaran kreatif. Semoga kelas Anda menjadi sangat menyenangkan.

Membuat Blog atau Website Sebagai Media Pembelajaran Kreatif Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sugianto Vijjayasena