Thursday, 4 June 2015

Membuat Bubur Kertas Menjadi Media Pembelajaran Kreatif

Tumpukan koran bekas membuat rumah terkesan berantakan, tidak nyaman ditempati, dan membuat tamu yang berkunjung menjadi tidak kerasan. Padahal semua orang berharap memiliki rumah yang rapi, bersih, dan nyaman untuk ditempati. Rumah yang rapi membuat orang yang bertamu akan merasa senang dan nyaman. Tumpukan kertas koran bekas bisa menjadi masalah sosial keluarga. 

Koran bekas bisa dimanfaatkan menjadi barang yang bernilai guna. Koran bekas dapat dijadikan bahan dasar pembuatan barang kreativitas yang mudah, murah, dan aman. Koran-koran yang sudah tidak terpakai terlebih dahulu dihancurkan menjadi bubur kertas. Bila koran bekas sudah berbentuk bubur kertas dengan sangat mudah dapat dibuat menjadi berbagai macam bentuk media kreatif sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Kreativitas adalah kunci utamanya. Bubur kertas dapat menjadi bahan dasar membuat media kreatif yang penuh dengan nilai artistik yang tinggi.

Contoh Media Pembelajaran Berbahan Bubur Kertas 

Guru dapat memanfaatkan bubur kertas untuk membuat media pembelajaran kreatif. Media pembelajaran yang dibuat untuk membantu guru melaksanakan pembelajaran. Cara pembuatan media berbahan bubur kertas sangat simpel, mudah dan tidak membutuhkan biaya yang banyak. Guru terlebih dahulu merancang bentuk media yang akan dibuat.


Pastikan media yang dibuat sesuai dengan pembelajaran agar tujuan pembelajaran tercapai secara efektif dan efisien. Model dan cara pemakaiannya pun harus dipertimbangkan agar tampilannya menarik perhatian siswa serta guru mudah untuk menggunakannya. Media pembelajaran yang kreatif juga membuat siswa menjadi antusias mengikuti pembelajaran.

Bubur kertas dapat dijadikan bahan untuk membuat media pembelajaran 3 D sesuai dengan bentuk barang aslinya. Atau juga bisa digunakan untuk membuat peta menjadi tampak lebih jelas antara dataran rendah dengan dataran tinggi, termasuk gunung-gunung yang menjulang tinggi yang puncaknya diselimuti salju. Tentu saja, tampilan peta menjadi sangat indah untuk dilihat. Melalui pembuatan media, koran bekas ternyata dapat menjadi barang yang bernilai tinggi.

Selamat berkarya para guru terhebat.

Membuat Bubur Kertas Menjadi Media Pembelajaran Kreatif Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sugianto Vijjayasena