Wednesday, 27 May 2015

Contoh Media Pembelajaran Kreatif Ular Tangga

www,mediapembelajaran-smb.blogspot.com
Belajar sambil bermain merupakan model pembelajaran yang sangat disukai anak-anak. Pembelajaran yang dipenuhi dengan canda tawa serta ceria. Tak jarang pula dalam suatu permainan muncul persaingan yang menimbulkan semangat diantara anak untuk menjadi pemenang. Salah satu jenis permainan yang bisa digunakan sebagai media pembelajaran adalah ular tangga. Cocok untuk media belajar anak usia dini (AUD) dan SD. Permainan ular tangga umumnya terdiri atas papan mainan yang terbuat dari kertas tebal, di dalamnya terdapat angka-angka berurutan yang berada di masing-masing kotak. Kemudian di beberapa nomor terdapat tangga yang menghubungkan ke angka tertentu di atasnya dan gambar ular yang menghubungkan dengan angka tertentu yang ada di bawahnya. 

Permainan ini dilakukan dengan cara melempar mata dadu. Sisi mata dadu yang berada di atas merupakan dasar bagi para pemain untuk melangkahkan pion sesuai jumlah mata dadu, yaitu antara 1 s.d, 6.  Pemain melempar dadu dan mata dadu yang sisi di atas adalah angka 4 maka pemain memajukan pion sebanyak empat langkah, demikian pula berlaku untuk angka yang lain. Bila di langkah terakhir pion sampai pada tangga atau ular, maka pion diarahkan pada akhir dari tangga atau ular tersebut. Pemain yang mencapai angka terakhir adalah pemenang dari permainan ini.

Ular tangga yang digunakan sebagai media pembelajaran kreatif seperti yang ada di gambar di bawah ini dinamakan media pembelajaran kreatif ular tangga kehidupan. Sebelum memainkan permainan ular tangga, guru memberikan penjelasan pada siswa. Tangga adalah simbol dari perbuatan-perbuatan baik yang menghasilkan kebahagiaan. Ular adalah simbol dari perbuatan-perbuatan buruk yang akan menghasilkan penderitaan. Anak juga dijelaskan macam-macam perbuatan yang dikategorikan contoh perbuatan baik dan contoh perbuatan-perbuatan buruk, serta akibatnya. Jadi dengan media kreatif ini, siswa atau anak diajak untuk memahami bahwa setiap perbuatan ada akibatnya, perbuatan baik akibatnya kebahagiaan, perbuatan buruk akibatnya penderitaan. 

www,mediapembelajaran-smb.blogspot.com
Pada saat pion pemain berakhir pada angka yang di dalamnya terdapat gambar tangga, maka guru menanyakan jenis perbuatan baik apakah yang telah dilakukan anak sehingga menimbulkan kebahagiaan. Hal sama juga berlaku ketika pion pemain berakhir pada angka yang di dalamnya terdapat gambar ular, maka guru bertanya perbuatan buruk apakah yang telah dilakukan anak sehingga harus menerima penderitaan. Melalui pembelajaran semacam ini, anak dididik menjadi orang yang jujur, mau berterus terang, serta berani bertanggung jawab dengan perbuatan yang telah dilakukan.

Contoh Media Pembelajaran Kreatif Ular Tangga Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sugianto Vijjayasena