Wednesday, 27 May 2015

Contoh Media Pembelajaran Kreatif dari Kulit Kerang

Kata siapa kulit kerang tidak bisa dibuat menjadi media pembelajaran?
Kulit kerang sering dijumpai di tepi pantai. Bentuk, ukuran dan warnanya beraneka ragam. Tampilannya yang menarik membuat kerang umumnya dijadikan souvenir yang dibuat oleh para pengrajin kerang dan dijual di toko-toko yang berada di sekitar pantai. Harganya relatif tergantung banyaknya kerang yang digunakan serta tingkat kesulitannya. Kreativitas pengrajin telah membuat kerang yang tadinya sampah pantai menjadi barang berharga. Hal ini pula yang bisa dilakukan oleh para guru yaitu menjadikan kerang sebagai barang berharga dengan cara digunakan sebagai bahan pembuatan media pembelajaran kreatif. Cocok untuk media belajar anak usia dini (AUD) dan SD. Media belajar berbahan kerang adalah wujud kreativitas guru yang didasari niat luhur untuk memajukan kualitas pendidikan .

Di bawah ini merupakan salah satu pemanfaatan kulit kerang sebagai contoh media pembelajaran kreatif. Untuk membuat media seperti di bawah ini, ternyata guru bisa mengajak siswa menunjukkan kreativitasnya dalam menyusun kerang-kerang menjadi sebuah model media yang disesuaikan dengan tema atau materi yang sedang dipelajari guru. Sangat menyenangkan manakala guru dan siswa memiliki semangat bersama-sama membangun pengetahuan melalui pembuatan media. Sebuah gambaran interaksi yang positif antara guru dan siswa yang berpotensi menciptakan kelas sebagai tempat yang kondusif untuk belajar.

www.buatmedia.blogspot.com 
Seperti pada gambar di atas, guru bisa menggunakan media pembelajaran kreatif dari kulit kerang untuk menyampaikan tema lingkungan. Beberapa pelajaran yang bisa diajarkan dengan menggunakan media ini antara lain Bahasa Indonesia, PKN, Matematika. Guru bisa menggunakan media pembelajaran kreatif ini sesuai dengan mata pelajaran yang dimaksud. Bila karya media ini dibuat oleh tiap-tiap anak, guru lebih mudah mengajak anak belajar dengan media yang dibuat mereka sendiri karena ada rasa bangga dalam setiap diri siswa. Media semacam ini bisa dipajang di dinding kelas sebagai bentuk apresiasi pada karya siswa atau anak. Untuk membuat media kreatif seperti di samping tidak butuh biaya mahal, yang dibutuhkan adalah kreativitas. Selamat membuat media pembelajaran kreatif.

Contoh Media Pembelajaran Kreatif dari Kulit Kerang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sugianto Vijjayasena