Thursday, 5 March 2015

Media Belajar Kreatif dari Tutup Botol Minuman

Cari contoh media pembelajaran dari bahan tutup botol bisa ditemukan di bawah ini. Tutup botol minuman bekas sering ditemukan berserakan dimana-mana. Terutama di dekat warung kelontong yang menjual banyak aneka minuman botol. Jarang sekali melihat ada orang yang bersedia mengambil tutup-tutup botol bekas minuman tersebut. Rendahnya kepedulian warga untuk membuang sampah pada tempatnya membuat tutup botol menjadi sampah yang sering terlihat berserakan di mana-mana. Ketidaktahuan masyarakat dalam memanfaatkan tutup botol juga menjadi alasan tutup botol dibiarkan begitu saja.

Media Belajar Kreatif dari Tutup Botol Minuman


Padahal tutup botol bisa menjadi barang berharga. Dengan sedikit sentuhan, tutup botol minuman dapat menjadi media belajar yang kreatif. Alat yang berguna bagi anak untuk membantu proses belajar menjadi mudah dan menyenangkan. Ada dua jenis tutup botol yang bisa dimanfaatkan menjadi media belajar kreatif. Tutup botol minuman yang berbahan plastik dan yang berbahan seng. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing untuk dijadikan media belajar kreatif.

Di bawah ini akan ditunjukkan aneka media belajar kreatif dari tutup botol minuman. Perhatikan dengan baik-baik. Anda pasti dapat membuatnya di rumah. Bagi para guru, media belajar kreatif ini memudahkan anda mengajar di kelas. Bagi para orangtua, media belajar kreatif ini dapat dijadikan media belajar di rumah bagi putra dan putri Bapak/Ibu. 

Contoh media kreatif  yang saya gunakan terbuat dari tutup botol sebagai contoh berasal dari tutup botol minuman bersoda terbuat dari bahan seng. Saya ubah tutup botol ini menjadi media belajar kreatif. Pada bagian dalam tutup botol saya letakkan gambar buah-buahan. Agar gambarnya tidak lepas, bisa dilem dengan hati-hati agar hasilnya rapi. Bapak/Ibu guru dapat menempatkan gambar apapun sesuai dengan kebutuhan pembelajaran. Misalnya jenis-jenis binatang, alat transportasi, atau gambar pahlawan.

Pada kali ini, saya memberikan contoh pelajaran tentang buah-buahan. Siswa dapat mengidentifikasi gambar lalu diminta menyebutkan nama buahnya. Pertanyaan lebih detail adalah kandungan  vitamin yang ada di buah dan manfaatnya bagi tubuh. Jadi dengan contoh media kreatif  dari tutup botol minuman membuat pembelajaran menjadi menarik dan menyenangkan. Siswa menjadi antusias menjelaskan materi karena media kreatif ini dipakai oleh masing-masing siswa. Bentuk media ini seperti kalung dengan liontin media belajar kreatif. Agar kalungnya menjadi indah, tali yang dipilih dapat disesuaikan dengan selera warna masing-masing.

Sangat mudah membuatnya. 
Semangat mengajar.
Semoga sukses Guru!

Media Belajar Kreatif dari Tutup Botol Minuman





Media Belajar Kreatif dari Tutup Botol Minuman Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sugianto Vijjayasena