Tuesday, 27 January 2015

Media Pembelajaran SMB Puzzle Kalimat

Memainkan puzzle memiliki kebahagiaan tersendiri. Ada kepuasan manakala berhasil menyusun puzzzle dengan benar. Perjuangan yang layak untuk diapresiasi.
Butuh ketelitian dan kesabaran untuk memainkan permainan ini. Tidak mudah untuk menyusun puzzle dengan benar. Apalagi jika puzzle di susun dengan bentuk warna dan tulisan atau kalimat. Kerjasama kadang dibutuhkan untuk membantu menyelesaikan permaian puzzle kalimat. Cocok untuk media belajar anak usia dini (AUD) dan SD.

Puzzle sebenarnya bisa menjadi media pembelajaran kreatif untuk pembelajaran apa pun. Puzzle yang dikemas dalam bentuk dan warna terntentu akan menjadikan tampilan puzzle menjadi menarik. Puzzle yang menarik dilihat mengundang minat untuk memainkannya. 

Karya: Pujiono dan Yulian
Media pembelajaran kreatif puzzle kalimat dapat diterapkan untuk pembelajaran individu maupun kelompok. Individu yang menggunakan media ini akan menggunakan kemampuan untuk menysusun puzzle dengan kalimat. Bila digunakan untuk kelompok, media pembelajaran kreatif ini akan menumbuhkan kerjasama diantara kelompok. Kerjasama adalah bentuk karakter yang layak dimunculkan pada anak.

Untuk membuat media pembelajaran ini sangat mudah. Anda dapat menggunakan bahan yang tersedia di sekitar anda. Harganya tidak mahal, kalau anda kreatif media ini dapat dibuat Nol Rupiah. Anda dapat memanfaatkan kardus lalu dibungkus dengan kertas warna. Jumlah Puzzle dapat disesuaikan dengan siapa yang akan menggunakannya. Semakin tinggi kelas, semakin banyak puzzle yang dibuat. Pastikan bahan itu aman untuk digunakan dan tidak menimbulkan bahaya bagi yang menggunakan.


Bagi anak-anak sebaikanya dibuat puzzle kalimat yang sederhana namun dengan tampilan yang menarik. Anda. Anda dapat mengkombinasikan kata dengan gambar-gambar kartun yang lucu yang sudah dikenal anak.

Pembelajaran kreatif ini akan menjadi lebih seru, bila memainkan puzzle menggunakan timer. Bagi anak atau kelompok yang berhasil menyusun puzzle dengan benar berhak mendapatkan penghargaan. Anda dapat tentukan penghargaan yang akan diberikan, tentu yang sesuai dengan kemampuan anda. Dan penghargaan itu akan membuat anak menjadi lebih antusias belajar dengan Anda.

Selamat membuat dan memainkan puzzle kalimat.


Media Pembelajaran SMB Puzzle Kalimat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sugianto Vijjayasena