Tuesday, 27 January 2015

Media Pembelajaran SMB Boneka Bantal

Hidup menjadi berguna bila yang dilakukan akan memberikan manfaat untuk diri sendiri, orang lain dan lingkungan. Tidak perlu terlalu memusingkan cara-cara terbaik untuk menjadi berguna dalam hidup ini. Saya berikan satu contoh nyata yang telah dilakukan oleh sahabat-sahabat saya. Cocok untuk media belajar anak usia dini (AUD) dan SD.


Lihatlah apa yang sedang dipegang? Tiga buah boneka lucu dan menggemaskan. Rasanya ingin segera memainkannya. Tunggu dulu. Sebelum memainkan boneka ini, saya akan ceritakan pembuatannya. Anda pasti bisa melakukannya.

Sering kita punya kain dan kapas yang tak terpakai. Kedua benda ini bisa kita ubah menjadi media pembelajaran yang imut. Langkah pertama adalah buat model boneka yang diinginkan, Gunting kain sesuai dengan model boneka tersebut. Buat sebanyak dua lembar untuk bagian depan dan belakang. Kemudian kain itu disatukan dengan cara dijahit, sisakan beberapa bagian untuk memasukan kapas. Lalu masukan kapas hingga boneka bantal mulai terbentuk, Sesuaikan isi kapas dengan keempukan boneka bantal. Kemudian Anda bisa menempelkan kertas berwarna kulit untuk dijadikan muka seperti gambar di bawah ini. Kemudian mulailah menggambar muka boneka sesuai dengan karakter yang anda inginkan. Agar boneka tampil cantik, pasangkan pita dibagian leher.


Karya David Bodhi Wibisono dan Puji Astutik
Nah itu dia, cara memanfaatkan sampah menjadi media pembelajaran yang kreatif.  Sebuah cara kreatif yang membuat hidup menjadi berguna dengan cara menjaga lingkungan tetap bersih dan meminimalisisasi adanya sampah-sampah. 

Media ini bahannya mudah didapat, tidak perlu beli. Kemudian media ini ramah lingkungan, jadi tidak perlu khawatir saat memainkannya.

Bila boneka sudah jadi, Anda bisa menggunakan media ini untuk menemani cerita-cerita yang anda sampaikan kepada anak. Mainkan dengan penuh penjiwaan agar boneka tampak hidup di tangan anda.

Selamat membuat media pembelajaran boneka bantal. 


Media Pembelajaran SMB Boneka Bantal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sugianto Vijjayasena