Tuesday, 27 January 2015

Media Pembelajaran SMB Altar Buddha dari Kertas

Bagaimana cara membuat media pembelajaran kreatif altar dari bahan kertas? Jawabannya ada di sini. Altar adalah tempat untuk meletakkan benda-benda simbol penghormatan. Benda-benda  yang ada di altar bukan sekedar benda seperti yang terlihat oleh mata biasa. Benda-benda di altar adalah penggambaran dari wujud penghormatan. Untuk membuat media pembelajaran kreatif altar bukanlah perkara yang mudah. Hal yang sangat dibutuhkan untuk membuat media ini adalah pembuat media harus memiliki rasa hormat yang mendalam terhadap obyek penghormatan. Hormat lebih ditujukan pada nilai-nilai luhur yang diwakili benda-benda tersebut.

Kertas bila di tangan orang yang kreatif mampu diubah menjadi media pembelajaran yang kreatif. Media yang menarik untuk dilihat dan mengundang perhatian. Kertas dapat diubah menjadi media pembelajaran kreatif altar. Lihat gambar yang ada di bawah ini. Semua benda-benda yang ada di bawah ini terbuat dari bahan dasar kerta. Lilin putih yang menyala dengan warna api kemerahan berasal dari kertas. Bunga yang cantik juga terbuat dari kertas. Dupa yang tersusun tiga batang juga berasal dari kertas. Tempat dupa dan tempat air juga berasal dari kertas. Sangat menarik untuk dilihat.

Media pembelajaran kreatif berbahan dasar kertas untuk membuat altar sangat murah biayanya dan sangat mudah mengumpulkan bahannya. Kertas yang digunakan tidak banyak, harganya pun tidak mahal. Bahkan kita bisa menggunakan kertas yang ada di sekitar kita. Kertas-kertas itu disatukan dengan cara direkatkan dengan lem dan dipotong sesuai model yang dikehendaki. Dengan bantuan media kreatif seperti di bawah ini, guru menjadi mudah menjelaskan kepada anak-anak fungsi dan arti benda-benda yang ada di altar. Tujuannya tentu agar anak dapat menyebutkan nama-nama bedna yang ada di altar dan mengerti arti dari benda-benda tersebut, sehingga anak dapat terhindar dari pemahaman yang salah terhadap fungsi dan arti benda-benda yang ada di altar.


Karya ; Ari Sulis dan Yhogi Ratna Sagara

Media Pembelajaran SMB Altar Buddha dari Kertas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sugianto Vijjayasena