Tuesday, 27 January 2015

Media Pembelajaran SMB dari Kertas

Bagi guru kreatif, kertas dapat menjadi bahan dasar media pembelajaran. Media pembelajaran kreatif berbahan dasar kertas sangat murah biayanya. Bahkan jika guru memang benar-benar kreatif, kertas bekas pun dapat diubah menjadi media pembelajaran. Kertas bekas yang umumnya dibuang atau dijual, dapat diubah menjadi media pembelajaran kreatif. Guru tidak butuh banyak uang untuk membuat media ini, Cocok untuk media belajar anak usia dini (AUD) dan SD.

Kertas menjadi benda yang sangat dibutuhkan dalam kegiatan pembelajaran. Guru maupun anak sangat butuh kertas untuk mendukung kegiatan pembelajaran. Kertas dapat menjadi media pembelajaran kreatif yang efektif. Dengan berbekal niat luhur untuk membantu anak membangun pengetahuan, mengembangkan sikap dan ketrampilan anak, guru dapat mengembangkan kreativitas pembelajaran. Kreativitas pembelajaran dapat dilakukan guru salah satunya dengan membuat media pembelajaran kreatif. Kertas adalah bahan yang sangat mudah dijumpai di lingkungan sekitar, sehingga guru yang kreatif akan mudah mengumpulkan bahan media pembelajaran berbasis kertas. 

Karya Gabungan: Jalu, Budi P., Wawan dan Ayu
Media pembelajaran kreatif berbahan dasar kertas dapat dibentuk sesuai dengan materi dan tujuan pembelajaran. Guru dapat menyesuaikan media juga dengan karakteristik anak. Media pembelajaran yang baik, mudah digunakan guru untuk menyampaikan materi, dan tujuan pembelajaran tercapai. Bagi anak, media pembelajaran yang baik tentu bentuknya menarik, mengundang rasa ingin tahu dan menumbuhkan minat untuk belajar dengan bantuan media tersebut. Oleh karena itu, bentuk dan tampilan media pembelajaran disesuaikan dengan umur dan perkembangan anak.

Kertas umumnya tidak berbahaya. Guru tidak perlu khawatir ketika membuat media pembelajaran berbasis kertas. Tidak ada bahaya yang ditimbulkan dari penggunaan media berbasis kertas. 

Kombinasi warna dan bentuk menjadikan media pembelajaran berbahan kertas menarik untuk dilihat. Inilah yang akan membantu guru untuk memusatkan perhatian anak pada materi yang sedang disampaikan. Anak yang memiliki perhatian bagus pada saat pembelajaran memiliki kemungkinan besar untuk menerima dan memahami materi. Inilah yang menjadi tujuan guru menggunakan media pembelajaran.

Seperti gambar yang ada di atas, media berbahan dasar kertas menjadi sebuah alat yang efektif untuk menarik perhatian anak. Setelah media pembelajaran dibuat, guru selanjutnya berlatih menggunakan media pembelajaran, agar pada saat pembelajaran guru dapat menggunakan media secara luwes.

Nah, itulah media pembelajaran berbasis kertas. Selamat membuat media pembelajaran kreatif berbasis kertas. Semoga pembelajaran berlangsung dengan sukses.


Media Pembelajaran SMB dari Kertas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sugianto Vijjayasena