Tuesday, 27 January 2015

Aneka Media Pembelajaran Sekolah Minggu Buddha

Aneka media pembelajaran kreatif  karya cipta mahasiswa dapat ditemukan di sini.
media yang berguna untuk memudahkan proses pembelajaran. Belajar terkadang bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan atau membosankan. Mengapa dua hal itu bisa terjadi? Inilah pertanyaan klasik yang seharusnya sudah tuntas jawabannya. tetapi sampai saat ini masih saja ada siswa yang harus merasa membuang waktu dengan hal-hal yang tidak penting selama pembelajaran. Masalah ini sebaiknya jangan dianggap sepele, karena efek dari negatif thinking terhadap sebuah pembelajaran dapat berlangsung lama atau seumur hidup. Efek lainnya adalah bisa mengubah pemikiran atau cita-cita anak. Oleh karena itu, sudah menjadi kewajiban guru untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah dengan membuat pembelajaran yang asyik dengan bantuan media pembelajaran  kreatif.

Pembelajaran dimana pun tempatnya butuh sebuah media. Tidak terkecuali pembelajaran yang berlangsung di vihara untuk anak-anak, yaitu di sekolah minggu Buddha. 

Pembelajaran di Sekolah Minggu Buddha (SMB) membutuhkan media yang menarik agar pembelajaran di SMB menjadi aktif, interaktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. 

Dibawah ini Kakak akan bagikan contoh media pembelajaran yang bisa digunakan dalam pembelajaran di SMB yang di buat oleh mahasiswa dharmaduta Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya Tangerang Banten.




2. Altar berbahan kertas

3. Media Kreatif dari Kertas Krap



4. Puzle Kalimat


5. Cocok dan Pasang Gambar


6. Boneka Bantal


7. Kantong Ajaib Doraemon


8. Media berbahan Styrofoam


9.   Wayang Kreatif - Raja dan Gajah Putih



10. Boneka Jari


Mau tahu bagaimana cara buat, cara memainkan, dan materinya yang cocok untuk media di atas? Ikuti terus blog ini.

Aneka Media Pembelajaran Sekolah Minggu Buddha Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sugianto Vijjayasena