Friday, 30 January 2015

Kiat Jitu Memilih Media Pembelajaran Buddhis yang Kreatif

Media Pembelajaran / instructional media di sekolah minggu buddha  sangat dibutuhkan agar guru dan adik-adik sekolah minggu buddha mudah berinteraksi untuk menciptakan pembelajaran yang aktif, interaktif, kreatif, dan menyenangkan. Sekolah Minggu Buddha sebagai model pendidikan Buddhis yang sudah berlangsung lama di Indonesia terus melakukan inovasi untuk meningkatkan mutu pendidikan Buddhis. Media pembelajaran dibutuhkan dalam pendidikan Buddhis di sekolah minggu Buddha untuk membantu guru menyampaikan materi ajar dan menjadi sumber daya tarik bagi adik-adik sekolah minggu Buddha saat belajar Dhamma.

Kiat Jitu Memilih Media Pembelajaran Buddhis yang Kreatif

Guru Sekolah Minggu Buddha memiliki tugas dan tanggung jawab yang sangat besar untuk memajukan kualitas pendidikan Buddhis. Guru memiliki tugas utama yaitu mendidik, mengajar, melatih, membimbing, mengarahkan dan mengevaluasi adik-adik sekolah minggu. Mendidik adik-adik sekolah minggu Buddha menjadi anak yang baik, siswa Buddha yang bermoral. Mengajarkan Buddha Dhamma sesuai dengan perkembangan adik-adik sekolah minggu Buddha. Mendampingi selama proses pembelajaran sekolah minggu Buddha.   Mengarahkan pada hal-hal yang baik dan mengingatkan akan bahaya hal-hal yang negatif. Memperbaiki kekurangan-kekurangan adik-adik sekolah minggu dan mengembangkan bakat serta minat yang sesuai ajaran Buddha. 

Media pembelajaran  / instructional media yang kreatif dalam sekolah minggu Buddha dapat dibuat dalam beragam bentuk. Ada beberapa hal yang bisa dipertimbangkan sebelum guru sekolah minggu Buddha memutuskan memilih salah satu jenis media pembelajaran / instructional media. Tujuan pembelajaran menjadi pertimbangan pertama, media pembelajaran / instructional media yang baik harus berguna secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pembelajaran. Karakteristik adik-adik sekolah minggu buddha adalah faktor kedua sebelum menentukan jenis media pembelajaran / instructional media, sesuaikan jenis media dengan karakter adik-adik sekolah minggu Buddha. Karakteristik media pembelajaran itu sendiri juga wajib dipertimbangkan, berbahaya atau tidak bagi adik-adik sekolah minggu Buddha. Waktu dan biaya menjadi faktor selanjutnya yang dipertimbangkan, cukup atau tidak waktu dan biaya yang digunakan untuk mempersiapkan media. Konteks penggunaan apakah sesuai dengan pembelajaran di sekolah minggu Buddha juga penting dipertimbangkan. Mutu teknis media bagus atau tidak. 

itulah kiat jitu memilih media pembelajaran / instructional media yang kreatif untuk pembelajaran di sekolah minggu Buddha. Tentu saja masih banyak kiat-kita jitu lainnya.

Kiat Jitu Memilih Media Pembelajaran Buddhis yang Kreatif Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sugianto Vijjayasena