Wednesday, 8 April 2015

Cara Asyik Buat Media Pembelajaran

Berprofesi menjadi guru merupakan suatu pilihan, bahkan sekarang kini menjadi idaman. Gaji yang lumayan, jam kerja yang tidak terlalu lama, dan libur yang jumlahnya banyak dibanding perkerjaan lain membuat profesi guru kini mulai dilirik banyak orang. Tapi ada konsekuensinya bagi siapa pun yang memilih menjadi guru. Dalam Undang Undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen, dengan sangat jelas disebutkan bahwa tugas utama seorang guru adalah mendidik, mengajar, melatih, membimbing, mengarahkan dan mengevaluasi peserta didik. Jadi kalau menjadi guru, bukan hanya gaji, waktu kerja dan libur yang dipertimbangkan; namun tugas utama yang harus dijalankan seorang guru inilah yang seharusnya menjadi pertimbangan sebelum memutuskan menjadi guru. Oleh karena itu, bagi yang sudah memilih menjadi guru saya berikan tips agar bisa menjalankan profesi ini dengan menyenangkan dan dengan hasil yang memuaskan.


Tips yang akan saya bagikan adalah bagaimana caranya agar guru asyik dalam membuat media pembelajaran. Tidak dapat dipungkiri, membuat media pembelajaran terkadang bisa menjadi perkara yang memusingkan bagi sebagian guru. Oleh karena itu, semoga tips yang saya berikan ini membuat anda menjadi semangat dan mudah dalam membuat media pembelajaran.

2M: Bahan Media Pembelajaran

Carilah barang-barang yang ada di sekitar kita, lalu kumpulkan. Kalau barang-barang sudah terkumpul, ide untuk membuat media pembelajaran pasti akan muncul. Bahan media yang dipilih harus mudah ditemukan dan murah. Pilihlah barang-barang yang tidak sulit dicari dan didapatkan. Misalnya adalah botol bekas minuman, atau plastik bekas pembungkus makanan ringan. Barang-barang itu sangat banyak di sekitar kita. Kalau mau beli bahan media, usahakan harganya yang murah. Karena media yang akan dibuat bukan untuk dijual kembali, melainkan untuk digunakan dalam pembelajaran. Sebelum membeli, buat daftar barang yang akan dibutuhkan dalam pembuatan media. Jadi ketika di toko bisa langsung mencari barang-barang yang dimaskud.


Karakter
Media yang akan dibuat harus sesuai dengan karakter anda sebagai seorang guru. Kalau anda suka mendongeng, maka buatlah media pembelajaran boneka tokoh atau wayang tokoh. Kalau anda suka bernyanyi, maka buatlah media yang bisa menjadi pengiring nyanyian. Kalau anda suka melakukan demonstrasi, maka buatlah media miniatur. Jadi media yang baik adalah media yang mendukung karakter anda dalam mengajar. Jangan sekali-sekali meniru media orang lain jika karakter mengajar anda tidak sama dengan orang tersebut. Apa yang akan terjadi kalau anda tidak memiliki kemampuan bercerita kemudian membuat media wayang atau boneka tokoh. Tentu sudah terbayang respon siswa di kelas. Hal ini juga berlaku bagi guru yang tidak bisa bernyanyi tapi membawa media untuk mengiringi bernanyi, kira-kira apa yang akan terjadi? Jadi buatlah media yang sesuai dengan karakter dan kemampuan anda.


Jadi bila barang atau bahan yang akan digunakan untuk membuat media mudah ditemukan dan murah harganya, serta media itu sesuai dengan karakter anda, maka tidak perlu pusing untuk membuat media yang dimaksud. Bayangkan keceriaan siswa yang belajar dengan anda karena menggunakan media pembelajaran yang tepat.

Selamat membuat media pembelajaran yang mengasyikan.

Cara Asyik Buat Media Pembelajaran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sugianto Vijjayasena